Ojeg Payung

Awan mendung menggelayut di langit. Angin berhembus kencang, berputar-putar membawa serpihan sampah daun dan plastik yang terserak dipinggir jalan raya. Sesekali terlihat kilatan cahaya petir disertai suara gemuruh.

Beberapa Ibu Rumah Tangga terlihat keluar rumah untuk mengangkat jemuran pakaian yang sudah kering.

Sore itu, Udin kecil baru saja tiba di rumah. Pulang dari sekolah yang jaraknya hanya beberapa ratus meter, Udin kecil berjalan kaki bersama kawan-kawannya.

Seragam sekolah yang dikenakan hari itu diletakkan di ember penampungan pakaian kotor. Setelah berganti pakaian, Udin kecil menuju meja makan, membuka tudung saji, mengambil piring, lalu menyendok nasi dan lauk pauk yang tersedia.

Ketika sedang makan, Emak Udin kecil keluar dari kamar lalu duduk di sebelahnya.

"Eh... anak Emak udeh pulang, kok kagak kedengeran suaranye?kagak ngucap salam ye?" tanya Emak sambil bercanda.

"Udin udeh ngucapin salam, Mak. Emak ketiduran kali, jadinye kagak denger!" jawab Udin kecil sambil sibuk melahap makanan dipiring bermotif bunga.

"Oh iye ye..., Emak tadi ngelayap sebentar. Makan dah yang kenyang, ye! Emak mau ngelipetin pakean. Diluar mendung banget, enti kalau ujan turun Udin jangan mandi ujan ye, Din, Emak khawatir enti Udin pilek!".

"Yaah Emaak, Udin udeh janji mau ngojek payung ame Entong, Jaya, dan Rusli?boleh ye, Mak?!" protes Udin kecil.

"Pan kalau Udin dapet duit, bisa buat jajan sekolah, gak perlu minta duit ame Emak… he… he… “berusaha membujuk.

“Ya udeh, tapi janji ye, sebelom magrib pulang, pan Udin musti ke Masjid trus ngaji”, kata Emak mengingatkan.

“Siiip, Udin janji, Mak!” jawab Udin penuh semangat.

Beberapa menit kemudian hujan turun dengan deras.

Udin kecil mengambil payung yang disimpan disamping lemari, keluar rumah ditengah hujan sambil lari-lari kecil menuju pinggir jalan raya. Ketiga teman Udin kecil, Entong, Jaya, dan Rusli, sudah menunggu dipinggir jalan. Pakaian mereka sudah basah kuyup oleh air hujan.

“Din, ente lama amat, sih?” tanya entong dengan muka masam.

“Maap ye, aye tadi makan dulu, laper” jawab udin sambil tertawa.

“Eh… kalian udah dapet orderan?” Tanya udin kecil.

“Boro-boro, udeh beberapa mikrolet ame metromini yang berenti, tapi penumpang yang turun pade bawa payung sendiri!” jawab Jaya menimpali.

“Oh gitu, ya udeh sabar aje, rejeki kagak bakal ketuker, enti juge dapet orderan” kata Udin kecil memberi semangat.

Beberapa menit berlalu, hujan semakin deras. Udara mulai terasa dingin. Udin kecil dan kawan-kawannya menggigil kedinginan.

Sewaktu mereka asik ngobrol, tiba-tiba satu mikrolet berhenti persis di depan mereka.

Udin kecil dan kawan-kawan harap-harap cemas, menanti penumpang keluar dari dalam mikrolet. Mereka berharap ada satu dua penumpang yang turun tidak membawa payung, lalu memakai jasa ojek payung mereka.

Lima penumpang terlihat antri keluar dari dalam mikrolet jurusan Kebayoran – Ciputat. Udin kecil dan kawan-kawan sibuk menawarkan jasa ojek payung.

“Ojek payung, Pak. Ojek payung, Bu” kata mereka sambil menjulurkan payung ke arah penumpang yang turun.

“Tong, sini!” kata salah satu penumpang wanita yang turun.

“Aye juga mau ojek payung, sini cepet” kata penumpang yang lain.

Demikian juga dengan dua penumpang lain yang baru turun. Mereka memakai jasa ojek payung Udin dan kawan-kawan. Sedangkan satu penumpang yang turun belakangan membawa payung sendiri.

Akhirnya, Udin kecil dan kawan-kawannya sore itu mendapatkan pelanggan setelah hampir setengah jam mereka tunggu-tunggu. Dan merekapun berpisah menuju arah yang berbeda.

Udin kecil mendapat pelanggan laki-laki paruh baya dengan pakaian ala kantoran. Berkemeja putih rapih, celana hitam dan sepatu hitam.

“Anter Bapak ke kampung rawa  ye” kata si Bapak.

“Iye, Pak” jawab Udin kecil sambil bersedekap karena kedinginan.

Selama di perjalanan, Udin kecil terdiam, mengikuti langkah si Bapak yang lokasi rumahnya cukup jauh dari jalan raya.

Lima menit berlalu, tibalah mereka disebuah jalan dimana beberapa meter dari posisi mereka berjalan terdapat sebuah pemakaman umum. Udin kecil menatap gapura pemakaman sambil menelan ludah, berkata dalam hati semoga rumah si Bapak tidak melewati jalan setapak ditengah pemakaman itu. Namun apa yang dikhawatirkan Udin kecil terjadi. Jalan satu-satunya yang menuju rumah si Bapak tiada lain adalah melewati jalan setapak yang ada tengah makam.

Udin kecil sebetulnya adalah anak yang pemberani. Hanya saja rasa takutnya muncul setelah beberapa malam yang lalu dia menonton film horor berjudul Malam Satu Suro yang ditayangkan di salah satu stasiun tv, dimana pemeran utama dalam film tersebut adalah sesosok hantu wanita yang dikenal dengan sebutan Sundel Bolong.

Selama perjalanan Udin kecil sesekali mendekatkan tubuhnya ke si Bapak, berusaha mengimbangi langkah si Bapak yang berjalan cepat. Kala itu bayangan hantu Sundel Bolong melekat di pikiran Udin.

Setelah beberapa puluh meter keluar dari area pemakaman, sampailah Udin di rumah si Bapak.
"Terimakasih ya, Tong, berape biayanye?" Tanya si Bapak.

"Terserah Bapak aje mau kasih berape!" Jawab si Udin.

"Nih Bapak kasih sepuluh ribu ye, pan jalannye lumayan jauh" kata si Bapak kemudian sambil memberikan uang pecahan lima ribu dua lembar.

"Alhamdulillaah, terimakasih Pak!" kata Udin kecil dengan gembira.

Uang pemberian si Bapak dimasukkan kedalam kantong plastik bening yang telah disiapkan Udin agar tidak basah, lalu kantong plastik tersebut dilipat dan diselipkan kedalam kantong celana.

Udin kecil melanjutkan perjalanannya, balik dari rumah si Bapak menuju jalan raya tempat dia dan kawan-kawannya menunggu pelanggan ojek payung.

Beberapa meter dari gapura pemakaman langkahnya terhenti. Udin kecil baru tersadar, ternyata saat itu tiada seorangpun yang nampak dipelupuk matanya. Hujan masih turun dengan deras, kilatan cahaya dari petir yang menyambar di langit yang disusul gemuruh menambah suasana semakin mencekam. Udin kecil berdiri terpaku. Tidak berani melintasi makam sendirian, Udin kecil menunggu orang yang lewat area pemakaman.

Beberapa menit kemudian terlihat seorang wanita berpayung hitam muncul dari tikungan gang. Rasa takut yang mendera, perlahan sirna. Si wanita berpayung hitam menoleh ke Udin kecil dan berlalu tanpa rasa curiga.

Dengan langkah yang dipercepat, Udin kecil berjalan mengikuti langkah si wanita berpayung hitam.

Namun ketika sampai ditengah jalan setapak pemakaman, bayangan sosok hantu Sundel Bolong kembali muncul di kepala. Udin kecil gemetar tangannya, langkahnya terasa berat, seperti ada rantai besi yang melilit di kakinya. Dia membayangkan  kalau si wanita berpayung hitam tersebut bukanlah manusia.

Dan tiba-tiba...

"Allaaaaahu Akbar! Aaaaaaaaaaa......A'udzubillaaahiminasysyaithoonirrojiiim...." Udin kecil teriak sekencang-kencangnya. Terasa olehnya pundak kanan ada yang mencengkeram. Ditengah rasa takut yang mendera, aliran air yang hangat bercampur dengan air hujan mengalir didalam celananya. Udin kecil pipis di celana.

Si wanita berpayung hitam yang kaget mendengar teriakan Udin kecil lalu balik badan ingin melihat kejadian apa yang sesungguhnya terjadi.

Sebelum si wanita berpayung hitam bertanya ke si Udin kecil, saat itu juga terdengar riuh suara anak-anak tertawa terpingkal-pingkal.

Ternyata yang mencengkeram pundak kanan si Udin kecil adalah Entong yang sengaja ingin membuat kaget Udin.

"Hahahahaha.......maap ye, Din, aye sengaja bikin ente kaget, abisnye, Aye, Jaya dan Rusli, dari tadi merhatiin gerak-gerik ente, kayaknye ente lagi ketakutan lewat kuburan" kata Entong sambil sesekali tertawa.

Suasana kembali riuh oleh tawa Entong, Jaya, dan Rusli. Demikian juga si wanita berpayung hitam yang sedari tadi ikutan tertawa. Sedangkan Udin kecil masih terpaku menatap kawan-kawannya.

"Aye, Jaya, ame Rusli tadi emang udah bikin kesepakatan, Din. Sewaktu kite tau ente dapet pelanggan si Bapak yang rumahnye di seberang pemakaman, kite sepakat untuk nyusul ente diem-diem, nah... kebetulan pelanggan kite rumahnye kagak jauh dari jalan raye" kata Entong yang masih belum bisa meredam tawa.

"Huh, dasar, muke gile kalian, udah tau aye lagi ketakutan, eeeh....malah dikagetin. Untung aye kagak pingsan ditengah kuburan" jawab udin yang masih syok.

"Udeh...udeh, hayuk lanjut jalan, kite pulang dah, bentar lagi maghrib. Pan ba'da maghrib pengajian rutin Ustad Sarwi" kata Rusli menengahi.

Kemudian Udin kecil, Entong, Jaya, dan Rusli, berjalan beriringan, pulang.

Ketika adzan maghrib berkumandang, mereka sudah berkumpul di halaman masjid, berwudhu, dan shalat berjama'ah, lalu mengikuti pengajian.

Selesai pengajian, mereka keluar masjid. Di simpang jalan mereka berpisah untuk kembali ke rumah masing-masing.

4 komentar:

  1. Pesen moralnyee "sholat magrib berjamaah trus nyaji yee din.."

    nice story

    BalasHapus
  2. betul... betul... betul...
    terimakasih sudah mampir :D

    BalasHapus
  3. kisah inspiratif mas... asyik penyajiannya... keren...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillaah... terimakasih Pak Jo! :)

      Hapus