Membaca Peta

Siang ini teman sebelah saya sedang berdiskusi dengan seorang teman lainnya. Di hadapan mereka terbentang peta yang dibuka dari google map. Lalu mereka berdiskusi mengenai jalan-jalan yang sebaiknya dilalui bila akan menuju suatu tempat. Jelas sekali teman saya tersebut mempertimbangkan setiap masukan yang diberikan oleh temannya, apakah lewat jalan ini merupakan alternatif tercepat, apakah lewat situ macet atau tidak, apa ancer-ancer bila sudah dekat dengan tujuan, apa ada kendaraan alternatif lain bila tidak menggunakan jalan tersebut, misal dengan kereta api dll.

Sebenarnya, kurang lebih seperti itulah gambaran hidup kita ini. Hendak kemana kita, bagaimana kita akan menjalaninya, berdasarkan pengalaman dari orang yang kita percaya, kita bertanya tentang hambatan, rintangan ataupun gangguan yang mungkin kita temui bila kita memilih suatu jalan. Atau bisa juga kita membaca dari buku panduan untuk melengkapi informasi-informasi yang telah kita miliki. Lalu kita mempertimbangkan berbagai informasi tersebut dan kita menentukan sendiri kemana arah tujuan yang hendak kita pilih. Selama perjalanan tentu kita memerlukan cahaya, apakah itu cahaya yang kita miliki ataupun cahaya yang berasal dari orang lain/ benda lain. Tanpa cahaya maka akan sulit menempuh suatu perjalanan dan kemungkinan untuk tersesat akan lebih besar bila menempuh perjalanan dalam kegelapan.

Kegelapan bukan hanya berarti kegelapan malam tanpa lampu, lilin ataupun cahaya bintang dan bulan, namun bisa juga berarti kegelapan batin dari seseorang yang tidak memiliki cahaya yang cukup atau bahkan cahaya di dalam dirinya tersebut sudah padam.


Jakarta, 21 November 2017  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar