Perhatian, Rani

sebuah cerita yang kudengar dari dosen pendidikan agama saat kuliah dulu.

Ada satu keluarga yang harmonis, terdiri atas seorang ayah, ibu, dan seorang anak perempuan (sebut saja Rani) yang beranjak dewasa  dan sudah saatnya belajar berpijar. Mereka hidup rukun penuh kebahagiaan. Terutama karena Rani, anak remaja satu-satunya itu tumbuh sebagai remaja yang cerdas, cantik, ceria, taat beribadah, serta sangat menyayangi, menghormati dan berbakti kepada kedua orang tuanya. (Mungkin jika divisualisasikan sosok Rani ini seperti Dr. Shindy Kurnia Putri, ngayal).

Namun, pada suatu saat, perangai sang anak mulai berubah drastis. Ia menjadi pemurung dan mulai berani membantah kedua orang tuanya.

Suatu hari, ketika sang ibu seperti biasa mengajak Rani untuk ikut menghadiri pengajian, Rani berkata dengan nada sinis. "Tak perlu ibu suruh-suruh, toh ibu hanya pura-pura saja kan?" hardiknya.
Mendengar kata-kata itu, sang ibu terhenyak. Ia  kaget karena baru kali ini kata-kata seperti itu terucap dari bibir manis anaknya. Terlebih ia berani melontarkansindiran dengan kata-kata tajam. Ibu muda tersebut terguncang hebat dan menangis seraya berkata, "Ya ampun Nak, Kenapa kau berbicara seperti itu? Apa yang sebenarnya terjadi?".

Tanpa sepatah kata pun, Rani menyodorkan secarik kertas kepada Ibunya, kemudian ia menagis sambil masuk ke dalam kamarnya.

Melalui secarik kertas yg diberikan Rani itu, ibunya  mengetahui dan mengingat kembali kesalahan masa lalunya.
Rani ternyata menemukan surat nikah orang tuanya. Di sana tertera denagn jelas tanggal pernikahan orang tuanya, yaitu 9 Juni 1995, sedangkan Rani tahu persis bahwa ia lahir pada tanggal 13 Oktober 1995.

8 komentar:

  1. bisa aja ortu nya nikah siri lama, baru disahkan setelah mau punya anak he he he ... ngayal

    BalasHapus
  2. bisa jadi ortu nya ala ala artis gitu ya :D

    BalasHapus
  3. Rani bisa saja tahu kapan lahirnya tapi dia tidak tahu apakah Rani lahir normal atau prematur :D #prasangkabaik hehe

    BalasHapus
  4. Rani bisa saja tahu kapan lahirnya tapi dia tidak tahu apakah Rani lahir normal atau prematur :D #prasangkabaik hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini saking mumetnya, posting sampe dua kali

      Hapus
  5. Rani belum nemu surat dia lahir normal atau prematur pak

    BalasHapus
  6. Rani mungkin sadar kalau dia merupakan anak angkat

    BalasHapus
  7. bisa jadi ada kesalahan penulisan buku nikah, biasa itu

    BalasHapus