Move On - Move Forward 


Ini sedikit opini bagi yang yang sedang patah hati.

Menurut beberapa kamus on-line, move on artinya meninggalkan sesuatu/seseorang yang kau miliki sekarang atau yang baru saja kau lepas/berpisah darinya. Kalau fisik, move on itu mau ke samping, kiri atau kanan, atau ke depan, terserah saja. Pokoknya jangan diam menetap di tempat yang sama (secara fisik) atau terjebak di masa lalu (psikis).  Kamu harus bergeser, beranjak dari posisi sebelumnya ke posisi yang baru. Stressing-nya lebih ke "tinggalkan masa lalu". 

Move forward, tentu maksudnya adalah bergerak maju (fisik) atau menuju ke sesuatu yang lebih baik (better off), dalam arti ekonomi-kesejahteraan atau posisi sosial-politik. Stressing-nya lebih ke "gapailah kemajuan". 

Apakah berarti, untuk bisa move forward kita harus bisa move on
Saya kira iya. Terutama bila "kemajuan" itu dimaknai sebagai sesuatu yang lebih "modern", atau lebih "beradab", maka nilai-nilai, kebiasaan, dan perilaku lama yang menghambat tercapainya kemajuan haruslah ditinggalkan. Harus move on.

Apakah semua yang move on secara pasti juga berarti move forward? Saya kira tidak juga, atau tidak selalu begitu. Kita bisa saja meninggalkan masa lalu, masuk ke sesuatu yang kita kira baru dan berbeda, tapi kemudian kita sadar ternyata sama saja dengan sebelumnya. "Keluar dari mulut singa, masuk ke mulut buaya" adalah peribahasa yang tepat menggambarkan hal itu.  

Jadi daripada sekedar move on, menurut saya lebih baik kita move forward. 

Bila ditinggal kekasih, segeralah move forward, bukan sekedar move on. Artinya, carilah yang lebih baik. Tentu dimulai dengan memperbaiki diri sendiri dulu, supaya bisa mendapatkan pengganti yang lebih baik. Perbaikan bisa dari sisi inner space (kematangan jiwa, spritualitas, ambil hikmah dari kegagalan sebelumnya). Lengkapi dengan perbaikan dari sisi "outer-space" (kelayakan penampilan, dari ujung rambut, wajah lebih ramah, gigi-kuku jari lebih bersih, lebih wangi). Terakhir, terutama untuk lelaki, kalau bisa juga dari sisi "in between-space", yaitu aspek kecukupan materi. Karena pedekate atau ngedate jaman sekarang, terutama di kota besar, perlu modal juga kan?

Selamat move forward!    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar