Johari Window



Tulisan ini saya buat sebagai respons atas tulisan berjudul "PNS Jujur" yang dibuat oleh rekan kami, Samuel Manik (good writing, by the way 😊) ... meskipun sejujurnya respons ini saya kutip dari tulisan lama*). Mudah-mudahan tetap berguna.

Gambar di atas adalah Jendela Johari (Johari Window). Pertama kali aku mengenalnya di kelas Perilaku Organisasi. Konsep ini dicetuskan oleh Joseph Luft dan Harry Ingham pada tahun 1955**), dimana Johari adalah gabungan dari nama kedua orang tersebut.

Jendela Johari adalah perangkat sederhana yang dapat menjelaskan 4 wawasan yang terjadi selama kita berinteraksi dengan orang lain:

  1. Semua wawasan mengenai diri sendiri yang juga diketahui oleh orang lain berada pada kuadran arena.
  2. Semua hal yang tidak diketahui oleh siapapun (termasuk oleh diri kita sendiri) berada pada kuadran unknown.
  3. Semua hal mengenai diri sendiri yang kita sembunyikan dari orang lain terletak pada kuadran facade atau 'tabir'.
  4. Dan terakhir, semua hal mengenai diri kita yang sudah diketahui orang namun kita sendiri tidak menyadarinya terletak pada kuadran blindspot.

Konsep Jendela Johari menarik hatiku, sebab ia mampu menjelaskan keunikan yang terjadi dalam interaksiku sendiri dengan orang lain. Ada kalanya orang ingin mengenalku namun di saat yang sama menyembunyikan dirinya sendiri dariku. Ada kalanya orang kecewa karena merasa tidak kupahami, namun di saat yang sama ia juga menyampaikan keinginannya dengan cara yang kompleks (kalau bukan rumit).

Secara interaksi yang ideal terjadi pada kaudran arena, aku tidak menyalahkan kehadiran facade dan blindspot di dalam interaksi kita sehari-hari. Umumnya yang disembunyikan adalah kekurangan (cela), jadi tabir facade terjadi untuk menjaga image kita di mata orang lain... sementara blindspot mungkin ada karena teman-temannya menjaga perasaan si empunya kekurangan tersebut.

Lebih menarik lagi apabila yang tersembunyi itu adalah suatu kelebihan. Kita bisa saja berasumsi bahwa orang menyembunyikan kelebihannya karena ia rendah hati. Di sisi lain, aku cenderung berpikir negatif tentang orang yang tidak mau memberitahu kelebihan orang lain. Dengan kata lain, ia pelit pujian. Bisa saja ia melakukannya karena takut temannya besar kepala, namun motif paling sederhana (menurutku) adalah rasa cemburu... dan ini menandakan rendahnya rasa percaya kepada kemampuan dirinya sendiri.  

Lalu apa hubungannya Johari Window dengan umpan-balik atau feedback? Sederhana saja, bisa jadi kita melihat sesuatu dengan jelas namun tidak terlihat oleh lawan bicara kita. Di sisi lain, bisa jadi orang lain melihat sesuatu secara jelas mengenai diri kita namun luput dari perhatian kita karena sudah begitu terbiasa. Di sinilah indahnya komunikasi. Dengan memahami bahwa semua orang punya "Johari Window" ... maka kita tahu bahwa ada hal-hal yang kita tidak tahu 😊 (nah bingung khan?)

Catatan:
* Sebagaimana ditulis pada blog pribadi, 12 September 2008
** Informasi lebih lanjut: http://en.wikipedia.org/wiki/Johari_Window



Tidak ada komentar:

Posting Komentar