Patungan Yatim





Alhamdulillah..

sudah beberapa bulan grup ini dibuat. Grup patungan yatim adalah whatsap grup yang beranggotakan sekitar 20 orang. Sebenarnya tidak semua donatur ada di grup tersebut karena ada beberapa tidak mau diinvite :D.
Sesuai namanya, kami yang ada di sana meniatkan diri untuk membantu para yatim dengan sistem patungan. Jadi, kami mendonasikan sebagian uang secara rutin dengan sistem iuran bulanan (donation), untuk kemudian dikumpulkan (pool fund) lalu disebar (distribute) kepada sekitar empat belas yatim. Patungannya tidak dibatasi atau ditentukan jumlahnya, ada yang 30 ribu, 50 ribu, 100 ribu, sampai pernah juga 500 ribu seorang. Ini tergantung keinginan donatur saja.

Hasil urunan ini kemudian kami share secara rutin kepada para yatim, hampir seluruhnya melalui wali yatim tersebut. Jumlah yang diberikan per yatim secara umum sejumlah 250 ribu rupiah.

Salah satu anak yatim yang disantuni adalah Rizky dan kakaknya. Rizky umurnya sekitar dua tahun. Ia tinggal bersama ibunya yang berjualan ikan serta kakek dan neneknya. Neneknya adalah seorang guru ngaji di kampung tempat saya tinggal di depok.

Yatim lainnya adalah Rahma. Gadis  kecil  ini  sekarang  kelas  enam SD.  Rahma  ditinggal  ayahnya  sekitar  sepuluh  tahun  yang  lalu. Sang  ayah  meninggal  tragis  akibat  perbuatan  kriminal  seorang  tetangganya.  Saat  ini ibu  Rahma  bekerja  sebagai  pengasuh  anak  di  sekitar  rumahnya di Cibinong.

Begitu banyak kisah yatim yang mungkin tak seberuntung anak anak kita di rumah, bisa tidur di kasur yang nyaman dengan kasih sayang lengkap dari ayah dan ibu. Jadi, saya ingin mengajak teman teman semua untuk ikut dalam kegiatan ini. Tidak harus banyak, hanya perlu nekat. Nekat untuk melepaskan sebagian (kecil) harta kita untuk memberi kebahagiaan kepada orang lain yang membutuhkan ;)


#Tamat#

Kita memang tidak bisa menggantikan ayah ayah mereka yang telah pergi selamanya, namun kita bisa berusaha mendukung salah satu fungsi ayah bagi para yatim tersebut, yakni menafkahi keluarga. Semoga apa yang kami lakukan mendapat ridho Allah SWT, semoga urunannya bermanfaat dan menjadi berkah pada anak anak yatim tersebut. Semoga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar