Tempatkan Sesuatu Sesuai Tempatnya

Sendok. Tentunya bukan barang yang asing bagi kita. Bentuknya simpel, cukup ringan, dan ukurannya juga tidak besar. Sendok menjadi kebutuhan yang sangat utama ketika seseorang sedang menyantap makanan.
Secara umum, tidak ada orang yang merasa keberatan untuk mengangkat sendok dan menggunakannya untuk menyuap makanan. Untuk kebutuhan yang satu ini, kita akan dengan sukarela memegangnya, bahkan menggerakkannya berulang-ulang untuk mengirim makanan dari piring menuju mulut. Dan hingga saat ini, secara umum belum pernah terdengar keluhan mengenai seseorang yang mengeluh untuk penggunaan sendok ketika makan.
Namun bagaimana jika suatu ketika kita diperintahkan untuk menggunakan sendok untuk keperluan lain? Bagaimana jika kita diwajibkan untuk membawa sendok kemanapun kita pergi? Bagaimana seumpama kita harus menyematkan sendok di saku baju kita kemanapun kita pergi? Apakah kita akan tetap merasa nyaman? Padahal tidak ada perubahan bentuk dan ukuran sendok. Tetap simpel dan ringan.
Ketika kita berangkat kerja, dengan menggunakan menggunakan angkutan umum. Berdesakan dengan penumpang lain, dan kita harus menjaga sendok yang ada di saku kantong kita. Ketika berada di kantor, dan dalam setiap apa yang kita lakukan, kita harus menjaga sendok dalam saku kantong. Ketika rapat, dan ketika menjalankan ibadah, kita harus tetap menjaga sendok di saku kantong kita. Tentunya dalam hal seperti ini, sendok akan menjadi sesuatu yang memberatkan. Tentu menjadi sangat mengganggu.
Secara umum, ketika kita menempatkan sesuatu pada tempatnya, sesuai porsinya, sesuai kebutuhannya, tentunya tidak menimbulkan rasa berat di hati. Begitu juga dengan hal-hal yang lain. Ketika kita menempatkan sesuatu sesuai dengan tempat dan kebutuhannya, tentu segala sesuatu akan menjadi ringan. Tak hanya untuk diri sendiri, tapi juga tak membebani orang lain.

2 komentar:

  1. Jadi, sendok ini perumpamaan untuk apakah?

    BalasHapus
  2. perumpamaan untuk sesuatu yang dibutuhkan untuk kebutuhan tertentu

    BalasHapus